Sarana dan Prasarana Dasar untuk Desain Grafis

Written By Kent Design on Senin, 18 April 2011 | 18.01

Dalam desain grafis, ada beberapa sarana yang bisa dibilang penting dalam desain grafis. Berikut ini adalah daftar dari apa yang mutlak diperlukan ketika anda bekerja dalam desain grafis, serta beberapa hal yang direkomendasikan.

Komputer
Dalam dunia desain sekarang ini, komputer memegang peranan yang sangat penting. Ia bisa menjadi perangkat desain Anda sekaligus sebagai perangkat bisnis Anda. Dengan perangkat lunak (software) desain grafis yang sudah terinstalasi, Anda akan bisa membuat ilustrasi, bekerja dengan teks, manipulasi foto dan tata letak. Keputusan penting yang paling utama di sini adalah apa yang bisa Anda dapatkan dari sebuah komputer, dan ini umumnya dimulai dengan memutuskan antara Mac dan PC.

Perangkat Lunak
Software desain grafis dan semua software yang berhubungan dengannya juga merupakan kunci keberhasilan Anda. Beberapa produk perangkat lunak jenis ini, seperti Photoshop dan Illustrator, memfokuskan pada kreatif desain tingkat akhir. Paket lainnya, seperti manajemen proyek atau time-tracking software, akan membantu Anda tetap terorganisir dan mengelola pekerjaan akhir desain.

Sarana dan Prasarana Dasar untuk Desain Grafis

Buku-buku Penunjang Desain Grafis
Akan angat membantu apabila anda membangun sebuah perpustakaan kecil Anda sendiri yang berisi buku-buku desain grafis. Beberapa diantaranya akan sangat berguna untuk mendapatkan inspirasi, sebagian lagi untuk bantuan teknis, dan yang lainnya untuk membantu Anda dalam segi urusan desain.

Sebuah Sketchpad
Ketika minat terbesar Anda menggunakan komputer untuk menyelesaikan sebuah desain, Anda tidak harus memulainya dengan sebuah ide desain. Membuat sketsa dari beberapa ide kreatif adalah salah satu cara yang bagus untuk memulai sebuah proyek dan menggapai sebuah ilham, dan hal ini bisa jauh lebih cepat daripada membuat tiruan suatu desain dengan komputer. Penting juga untuk selalu menyimpan sketsa kecil atau catatan siap pakai, karena Anda bisa melupakan sebuah ide yang bagus secepat Anda memikirkannya.

Ahli-ahli Kreatif Lain
Meskipun Anda mungkin tidak menganggap mereka sebagai sebuat "sarana", mengenal desainer, ilustrator, web developer, fotografer lain dan pekerja kreatif lainnya sangat penting untuk tiga alasan:
  1. Bukan hal yang mudah untuk mengkritik diri and asendiri. Mintalah  pendapat atas hasil kerja Anda dan menganjurkan kritik yang membangun untuk mendorong kerja Anda ke tingkat yang lebih tinggi.
  2. Saling bertukar pendapat dengan orang-orang di sekitar anda dapat memunculkan ide-ide terbaik.
  3. Ketika Anda mendapatkan proyek yang lebih rumit, Anda akan membutuhkan orang untuk bekerja sama. Carilah sekelompok orang yang bisa dipercaya dengan kemampuan yang beragam sehingga Anda dapat bekerja sama dalam proyek tersebut.
Beberapa sarana penting tersebut akan membantu Anda untuk memulai, dan menumbuh-kembangkan karir di bidang desain grafis. Yang perlu Anda lakukan sekarang adalah menggabungkannya dengan kreativitas Anda!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar